berawal dari biji kacang hijau, yang tumbuh menjadi kecamba dan menjadi pohon yang kecil dan sangat rentan. tumbuh dan berkembangnya sebuah batang toge yang relatif singkat, membuat kita sering mengabaikan sebatang pohon toge.

pohon ini sangat unik dan sangat lemah, walaupun secara umum setiap tunas baru dari pohon selalu lemah, tapi kita selalu saja menganggap kalau pohon toge yang terlemah.

putihnya batang dari pohon toge memberikan kesan yang sangat rapuh, hijau muda yang mewarnai daunnya membuat kesan rapuh itu semakin lekat.

silemah yang kita kenal memliki sebuah impian dan mimpi yang sangat jauh. di hadapan sang durian, toge hanya bisa berharap dan melihat buah durian yang berduri dari bawah, sedangkan si toge hanya bisa memiliki buah yang kecil dan berwarna hijau. berharap, memohon, dan meminta… itulah yang direnungkan oleh si toge pada Allah.

dalam renungannya, si toge mempercayakan bahwa dia akan memiliki buah yang berduri layaknya buah durian. dengan kepercayaan dan untuk mewujudkan apa yang diinginkannya itu, si toge bersikeras untuk melawan sebuah keterbiasaan dengan memperpanjang masa hidupnya yang sangat sebentar.

dengan kegigihannya dan kemantapan hatinya untuk memiliki buah yang berduri, si toge mempersiapkan segala cara, walaupun selalu saja rasa tidak percaya diri menghantuinya.

dan…

kita nantikan apa si toge  ini dapat menjadi sebuah terobosan baru dengan buah yang berdurinya??

Iklan